Mengutip dari semisena.com tentang Harga Nissan Livina dan Spesifikasi – Akhirnya Pihak PT NMI (Nissan Motors Indonesia) selaku agen pemegang merk Nissan di Indonesia menghadirkan MPV ini dengan perubahan maupun penyegaran secara menyeluruh dan signifikan. Menariknya, Nissan Livina 2019 ini dihadirkan dengan mengusung platform yang sama dengan konsep yang dibawa Mitsubishi Xpander. Wajar, mengingat Nissan sendiri telah beraliansi dengan Mitsubishi sekaligus menjadi pemegang saham lebih banyak di antara kedua merk tersebut. Hal itu juga tak lepas dari antusiasme konsumen yang begitu tinggi terhadap konsep yang ditawarkan Xpander. Sehingga, bukan hal yang mengherankan jika Nissan Indonesia kepincut menggunakan platform Xpander dan menerapkannya pada Nissan Livina model 2019 ini guna menunjang penjualannya, khususnya di pasar Low MPV Indonesia.
Sementara itu, jika berbicara mengenai spesifikasi dan detail maupun fitur dari Nissan Livina ini, tentu menjadi satu segmen yang menarik, terutama di bagian eksteriornya. Bukan tanpa alasan mengingat kali ini model Livina 2019 ini hadir dengan menggunakan platform Xpander yang membuatnya tampak begitu modern sehingga tak heran jika bagian desain fisiknya tampak jauh lebih terkesan MPV bergaya SUV. Selain itu, ruang kabin dari mobilNissan Livina ini pun juga terbilang sangat elegan. Mengingat, pihak Nissan telah menyematkan head unit touchscreen 6,75″ Inch dengan ragam fitur canggih dan fungsional disertai ruang kabin yang lebih lega dan nyaman. Kemudian, dapur pacunya pun juga sangat handal berkat sokongan mesin DOHC Twin VTC dengan 4 silinder yang berkapasitas 1499 cc. Sehingga, tak heran apabila performa yang dihasilkan mesin tersebut mampu mendongkrak akselerasi yang lebih agresif dengan tenaga handal namun tetap stabil. Selain itu, beberapa fitur canggih pun juga turut disematkan pada Low MPV buatan Nissan ini. Lantas, apa saja sih kelebihannya? Berapa harganya?
Review Nissan Livina
Eksterior
Usung Konsep Desain V-Motion dengan Platform Xpander Series Ala SUV Masa Kini
memang secara desain fisik keseluruhan, model Low MPV ini memiliki konsep yang mengadopsi gaya SUV, lebih tepatnya menggunakan platform Xpander. Hanya saja, kali ini Nissan mengembangkan gaya desain yang diadopsi dari Xpander tersebut menjadi konsep V-Motion. Hal itu bisa dilihat dari wajah pada Nissan Livina ini. Pada bagian lampu utama, pabrikan asal Jepang tersebut menggunakan lampu utama Halogen yang dilengkapi Auto-off Headlight. Dimana, dilengkapi pula dengan Dual Line LED dengan Positioning Lamp & Daytime Running Light yang terpasang begitu anggun. Tak hanya itu, bahkan untuk memberikan kesan yang sedikit berbeda dengan Xpander maka bagian lampu atas dibuat lebih kecil, sedangkan bentuk lampu bagian bawah dibuat lebih cenderung berbentuk oval. Di sisi lain, grille khas Livina Series tampaknya masih dipertahankan yang membuatnya terkesan kian menarik dan gagah. Selain itu, tak lupa juga bahwa Nissan Livina ini dilengkapi dengan fog lamp handal yang terpasang menyatu dengan bumper depan yang mana diklaim mampu memberikan penerangan maksimal, terutama ketika berkendara di jalanan berkabut. Sementara itu di bagian samping, agaknya Low MPV buatan Nissan ini dibuat dengan konsep yang tak jauh berbeda dengan Xpander. Dimana, kali ini terdapat lekukan garis nan lembut tapi tegas yang membalut bodi samping. Bahkan, tampak juga lekukan garis horizontal yang begitu smooth melewati handle door chrome yang semakin memberikan kesan atletis layaknya SUV modern. Kemudian, untuk fendernya sendiri juga terlihat cukup simple dengan bentuk yang menyesuaikan lekukan ban depan. Lalu, pada bodi bagian belakang, sepertinya juga tak banyak perbedaan dengan Xpander. Yang mana menggunakan lampu belakang LED Combination lamp yang siap memberikan sistem pencahayaan yang lebih optimal tanpa membuat silau pengendara lain yang berada di belakang. Tentu saja, dengan gaya Low MPV ala SUV pada sektor eksterior dari spesifikasi Nissan Livina tersebut maka tak heran jika model ini akan diburu oleh konsumen.
Interior
Interior Elegan dan Modern dengan Kabin Ruang yang Lebih Lega dan Nyaman
Sebagaimana dengan konsep eksteriornya yang mewah, Nissan pun juga merancang interiornya dengan konsep yang lebih elegan. Hal itu bisa dilihat dari dashboard depan yang dilengkapi audio head unit yang begitu modern dan tampak futuristik. Dimana, pada bagian tersebut akan disematkan audio 2DIN w/o Display Radio CD MP3 dan USB (varian E, EL MT, EL AT). Selain itu, untuk varian lain, yaitu VE AT dan VL AT akan mengusung Audi Head Unit berupa layar sentuh 6.75″ inci display touchscreen, Radio, Smartphone connectivity (Android Auto/Auto CarPlay-ready), BT, USB. Tak hanya itu saja, bahkan pada bagian pengemudi Multi Information Display dilengkapi dengan Eco Indikator yang dibuat dengan sistem Monotone namun cukup informatif dalam memberikan informasi mengenai kondisi mobil saat dikendarai. Tak hanya dashboardnya saja, bahkan dari segi ruang kabin, mobil ini memiliki ruang yang lega dan terkesan premium dengan kursi berlapis kulit (tipe VL) di setiap barisnya. Bahkan, pada kursi bagian belakang dari Nissan Livina ini juga sangat fleksibel mengingat bisa dilipat sesuai selera untuk menambah ruang penyimpanan (bagasi) ekstra guna menaruh barang bawaan. Apalagi, pada bagian interior dari Low MPV buatan Nissan ini juga sudah dilengkapi dengan sistem ruang kedap suara yang makin memanjakan para penumpangnya. Jadi tak heran apabila sisi ruang kabin atau interior dari spesifikasi Nissan Livina ini bakal mampu memanjakan dan menjamin kenyamanan berkendara bagi para penumpang.
Dimensi
Rangka Kuat dengan Ukuran Bodi Besar Disertai Kaki-Kaki nan Kokoh
Bukan tanpa alasan mengingat sektor ini sangat berkaitan erat dengan kenyamanan maupun keseimbangan dalam berkendara. Nah, berkenaan dengan bodi, diketahui bahwa Nissan Livina ini dirancang mengusung struktur yang sama dengan Xpander. Hanya saja, untuk ukuran bodinya secara terperinci belum diketahui. Ada kemungkinan memiliki kesamaan dengan Grand Livina versi sebelumnya yang memiliki ukuran 4420 x 1690 x 1595 mm dengan wheelbase 2600 mm. Meski demikian, pihak PT NMI saat peluncuran MPV ini menyebut jika Nissan Livina model 2019 ini bakal memiliki ground clearance 200 mm. So, sangat jelas apabila mobil ini bakal mampu melewati berbagai medan jalan, bahkan di medan semi-offorad sekalipun mengingat dengan ukuran ground clearance tersebut, bagian bawah mobil tetap akan aman tak mudah tergesek batu atau tanah. Sementara itu di sisi lain, untuk menunjang keseimbangan dan kenyamanan maka Nissan Livina akan mengusung kaki-kaki nan kokoh dan handal seperti pada Grand Livina versi sebelumnya. Dimana, diketahui masih mengusung suspensi McPherson Strut di bagian depan dan Torsion Beam di bagian belakang yang mana keduanya sama-sama dilengkapi fitur Stabilizer. Sehingga, diklaim mampu menahan setiap goncanga maupun getaran ketika melewati jalanan bergeronjal. Di samping itu, untuk soal velg yang digunakan, Nissan Livina sendiri mengusung velg modern dengan desain palang sembilan yang mana memiliki ukuran 16 inci two tone untuk Livina type VE & VL, sedang kan untuk Livina type EL menggunakan velg ukuran 15 inchi single tone. Selain itu, ban yang digunakan pun juga cukup aman dan ideal mengingat Nissan bakal mengusung ban berukuran 185/65 R15 untuk EL & 205/55 R16 untuk VE VL,  Sementara itu di sisi lain, tak lupa juga kombinasi pengereman antara ABS+EDB+VDC+HSA+TCS pun juga turut disematkan. Sehingga, keselamatan dalam berkendara pun jauh lebih terjamin. Dengan begitu maka sangat diyakini jika sektor bodi dimensi maupun kaki-kaki pada spesifikasi Nissan Livina ini dipastikan sanggup menjamin kenyamanan dalam berkendara.
Mesin
Performa Mesin Lebih Agresif dan Ramah Lingkungan Berkat Mesin DOHC Twin VTC 1.5 Liter
Di samping itu, dalam ruang pacu dari spesifikasi Nissan Livina pun juga sepertinya menjadi bagian penting untuk kita telusuri. Pasalnya, sektor ini memegang peranan penting dalam hal performa maupun mobilitas sistem mesin. Dimana, dalam hal ini, diketahui bahwa Nissan Livina model terbaru yang rilis tahun 2019 ini bakal mengusung mesin tangguh DOHC Twin VTC (Variable-Vale Timing Control) 4 silinder in-line dengan kapasitas kubikasi sebesar 1.5 liter (1499 cc). Mesin yang diusung Low MPV buatan Nissan ini juga akan disandingkan dengan transmisi manual 5 percepatan atau Automatic 4 percepatan. Sehingga, diklaim sanggup memberikan dorongan tenaga hingga 104 Ps per 6000 rpm. Sedangkan untuk torsi yang mampu dicapai Nissan Livina adalah sebesar 141 Nm / 4000 rpm. Untuk urusan bahan bakar sendiri Nissan tetap akan mengandalkan sistem bahan bakar ECSS (Electronic Concentrate-engine Control System) yang diklaim sangat efisien dalam mengontrol konsumsi bahan bakar secara lebih efisien dan irit. So, selain handal tentunya sektor permesinan pada spesifikasi Nissan Livina ini diklaim sangat ramah lingkungan.
Fitur
Berbekal Fitur Unggul dan Canggih
Kemudian, guna melengkapi kecanggihan spesifikasi Nissan Livina ini, tentunya mobil ini akan dibekali pula dengan ragam fitur canggih dan fungsional. Salah satunya yaitu pengereman berteknologi ABS dan EBD yang diklaim sanggup mencegah terjadinya ban selip, khususnya saat rem mendadak. Sehingga, kecelakaan pun bisa dicegah sedini mungkin. Selain itu, Nissan Livina ini juga telah dilengkapi dengan fitur entertainment berupa Audio Visual pada layar sentuh 6.75 inci disertai fitur Smartphone connectivity (Android Auto/Auto CarPlay-ready), BT, dan sambungan lubang USB. Kemudian, Airbags dan sabuk pengamanan canggih pun juga turut disematkan untuk memaksimalkan keamanan dalam berkendara. Tak hanya itu saja, bahkan Nissan pun juga melengkapi mobil ini dengan fitur Hill Start Assist yang mana saat berada di tanjakan, fitur ini membantu mobil berhenti sejenak agar tidak mundur ke belakang. Bahkan, Vehicle Dynamic Control yang siap membantuk mobil tetap stabil, terutama saat bermanuver sehingga tak mudah tergelincir. Tak hanya saja, bahkan Traction Control System pun juga turut dibenamkan pada mobil ini guna menjamin keamanan dan kestabilan saat berakselerasi di tikungan, karena fitur ini mencegah ban mengalami slip dan sulit dikendalikan. Tentu saja, dengan fungsionalitas fitur yang diusung spesifikasi Nissan Livina tersebut maka tak heran jika mobil ini mampu menawarkan kenyamanan kepada para calon pembelinya.
LIVINA VL

 

 

LIVINA VE

 

 

 
Video Nissan Livina
Berikut ini adalah official video Nissan Livina yang menampilkan keunggulan utama serta fitur dari mobil Nissan ini:
Spesifikasi Nissan Livina
MesinTipe Mesin 4 Cylinder inline, 16 valve, DOHC dan Twin VTC (Variable-vale Timing Control)
Isi Silinder1499 cc
Diameter x Langkah 78.0 x 78.4 mm
Daya Maksimum104 PS/6000 rpmTorsi Maksimum141 Nm / 4000 rpm
Sistem Pemasukan Bahan BakarECCS (Electronic Concentrate-engine Control System)
Kapasitas Tangki52,4 L
Steering Rack and pinion with EPS (Electronic Power Steering)
DimensiP x L x T4420 x 1690 x 1595 mm
Jarak Poros Roda 2600 mm
Jarak Terendah dengan tanah 200 mm
Transmisi :
M/T 5 Percepatan (1.5 E MT, 1.5 EL MT)
A/T 4 Percepatan (1.5 EL AT, 1.5 VE AT, 1.5 VL AT)
Suspensi DepanMcPherson Strut with StabilizerSuspensi BelakangTorsion Beam with StabilizerRem DepanABS dan EBDRem BelakangABS dan EBDUkuran Ban
15″ Steel (185/65 R15) (1.5 E MT)
15″ Alloy (185/65 R15) (1.5 EL MT, 1.5 EL AT)
16″ Alloy with Machining (205/55R16) (1.5 VE AT, 1.5 VL AT)
  FiturKenyamanan
 
Low-fatigue front seat
2DIN w/o display Radio, CD, MP3, USB
Circular ac vents
Rear ac vents
Sound-absorbing materials
Roof monitor (hws autech type only)
Keamanan
ABS (anti-lock braking system)
EBD (electronic brake-force distribution)
Parking sensors
Rearview camera
Harga All New Nissan Livina
Dimana, seperti yang sudah kita bahas di atas, memang MPV garapan Nissan yang satu ini merupakan model penyegaran atau “All New” yang mana menggunakan platform Xpander. Sehingga, dari sisi desain fisiknya, mobil ini memiliki kemiripan dengan MPV garapan Mitsubishi itu. Apalagi, pada bagian interiornya sudah dibekali dashboard dengan Audio Head unit yang mengusung layar sentuh canggih dan fungsional guna memberikan kenyamanan kepada para penumpang. Sementara itu soal mesin, Nissan Livina model 2019 ini dipastikan mengusung mesin DOHC Twin CTC 4 Silinder dengan kapasitas 1.5 liter (1499 cc) yang diklaim mampu memberikan dorongan tenaga yang agresif dan mumpuni di kelasnya dengan kestabilan performa yang tinggi. Tak hanya itu, beberapa fitur canggih dan fungsional pun juga turut dibenamkan pada Low MPV buatan Nissan ini. So, tak heran jika saat ini tak sedikit konsumen yang bertanya berapa harga Nissan Livina ini.
Berkaitan dengan nominal harga Nissan Livina, agaknya bukan menjadi rahasia lagi. Mengingat, PT NMI sendiri sudah resmi memperkenalkan model MPV ini di Indonesia. Tak hanya itu, bahkan di situs resmi Nissan Indonesia sendiri, diketahui bahwa harga Nissan Livina ini akan dibanderol mulai kisaran angka Rp 198.8 juta untuk varian terendah sampai Rp 261.9 jutaan untuk varian paling tinggi. Kisaran harga yang menurut Mas Sena cukup sepadan. Namun, meski demikian, bisa jadi nominal tersebut masih terbilang terjangkau, apalagi jika dibandingkan dengan spesifikasinya maupun segmentasi pasarnya yang menyasar di segmen premium. Tentu saja, dengan adanya informasi mengenai harga Nissan Livina ini maka kawan-kawan pun bisa mempersiapkan diri untuk membelinya.
Harga Nissan Livina
Tipe Harga
Nissan Livina E M/TRp 198.800.000
Nissan Livina EL M/TRp 223.000.000
Nissan Livina EL A/TRp 233.000.000
Nissan Livina VE A/TRp 249.900.000
Nissan Livina VL A/TRp 261.900.000
Catatan :
•Harga mobil Nissan Livina diatas merupakan harga On The Road untuk wilayah Jakarta
•Beda kota, kemungkinan beda pula harga Nissan Livina
•Harga tidak mengikat sewaktu waktu bisa mengalami perubahan.
Tetapi perlu anda ketahui bahwa kisaran harga Nissan Livina terbaru tersebut merupakan harga On The Road wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Jadi untuk Bro dan Sis yang berada di wilayah lain mungkin akan mengalami kenaikan atau perbedaan harga yang dikarenakan beberapa faktor yang terutama faktor distribusi yang menjadikan harga Nissan Livina di tiap daerah akan menjadi berbeda. Pastikan juga anda sudah melakukan test drive Nissan Livina untuk menjajal performanya yang keren ini. Mobil ini dapat menjadi alternatif MPV yang cukup keren dan memberi kenyamanan pada saat berkendara layaknya SUV.

 

 

Diterbitkan oleh NISSANDATSUNRIN

Info Kredit / Test Drive / Pemesanan : HUBUNGI = D O M I - 0856.4303.6878 / 0812.2367.3335

Ikuti Percakapan

2 Komentar

Tinggalkan komentar

Rancang situs seperti ini dengan WordPress.com
Ayo mulai